Hari Anak Nasional, Rumah Baca SCW Gelar Kegiatan Mendongeng 

Hari Anak Nasional, Rumah Baca SCW  Gelar Kegiatan Mendongeng 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Sempena peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 yang dirayakan setiap tanggal 23 Juli, Rumah Baca SCW bersama SDN 153 Pekanbaru menggelar kegiatan mendongeng dengan menghadirkan pendongeng Riau, Kakak Dadang (Dahrial Iskandar), Sabtu (23/7/2022).

Founder SCW, Siti Salmah mengatakan Rumah Baca SCW rutin menggelar kegiatan literasi seperti ini, kebetulan hari ini bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional.

"Hari ini bersamaan dengan hari anak, Rumah Baca SCW bersama SDN 153 Pekanbaru memperingati hari anak dengan menggelar kegiatan mendongeng," sebutnya.

Siti Salmah menegaskan komitmen SCW dalam upaya meningkatkan literasi di kalangan pelajar khususnya.

"Lewat kegiatan mendongeng juga salah satu cara kita mendorong minat baca pada siswa, dan memperkenalkan juga khasanah kebudayaan dan cerita-cerita rakyat yang ada di Riau," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, menyambut bagi kegiatan yang digelar oleh SCW dalam rangka hari anak nasional.

"Ini sangat bagus apalagi melibatkan siswa sekolah dasar, karena bagaimanapun literasi itu harus diperkenalkan sejak dini," ujarnya.

Dia juga menjelaskan kalau Dispersip Riau juga punya Perpustakaan Soeman HS yang bisa dimanfaatkan oleh siswa untuk membaca.

"Selain itu, kita juga rutin menggelar kegiatan di area car free day setiap minggunya, ada kegiatan mewarnai, mendongeng juga, ada permainan tradisional," jelas dia.

Sementara itu, perwakilan SDN 153 Pekanbaru, Siti Jullaikah juga mengapresiasi kegiatan mendongeng yang digelar Rumah Baca SCW dengan mengundang sekolahnya terlibat dalam kegiatan ini.

"Kita tentu saja senang ada kegiatan seperti ini, harapannya nanti lewat kegiatan ini akan meningkatkan minat baca para siswa dan juga mendorong siswa untuk jadi calon pendongeng juga, banyak manfaat yang bisa diambil oleh siswa kami," ujarnya.

Pendongeng Riau, Kakak Dadang, dalam aksinya menceritakan tentang kisah Angsa yang Buruk Rupa. 

Para siswa yang mendengarkan dongeng tersebut sangat sangat antusias dan sesekali tertawa mendengarkan cerita yang disahkan oleh pendongeng Riau ini.

"Ada banyak pesan moral yang terkandung dalam cerita ini yang bisa diajarkan kepada pada siswa," ujarnya.

Tampak hadir juga, Founder Rumah Sunting, Kunni Masrohanti, guru-guru SDN 153 Pekanbaru, Jon Hendri, Roza Warmaningsih serta para orang tua siswa. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index